Manfaat Daun Oregano Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Oregano Untuk Kesehatan
=========================================





Tumbuhan merupakan salah satu kekayaan alam yang bisa diperbarui. Termasuk didalamnya tumbuhan-tumbuhan herbal yang dipercaya dari zaman dahulu kala sebagau ramuan pengobatan alami yang terbukti mampu mengobati berbagai macam penyakit bergantung kandungan dari masing-masing tumbuhan. Siapa yang menyangsikan kemampuan dari tumbuh-tumbuhan herbal ini? Tidak ada pastinya.


Termasuk bagian dari tanaman herbal yang ada di dunia ini adalah Origanum Vulgae atau yang biasa kita sebut sebagai daun oregano. Daun dari oregano yang biasanya dimanfaatkan sebagai obat herbal seperti Obat Titan Gel yang sangat baik buat kesehatn tubuh anda dalam berbagai hal. Umumnya daun oregano digukanan sebagai bumbu masakan di Italia, Spanyol, Mediterania, dan negara Eropa lainnya. Namun pada kenyataannya, daun oregano memiliki segudang manfaat yang perlu kamu ketahui. Di Indonesia sendiri daun oregano termasuk dalam rempah-rempah yang masuk klasifikasi dedaunan.


Manfaat daun oregano adalah sebagai berikut :

    Mengharumkan Masakan – Daun oregano termasuk tumbuhan yang memiliki bau harum, sehingga cocok digunakan sebagai bahan campuran saat membumbui daging dan ayam sehingga mengurangi bau amis pada daging dan ayam. (Baca juga: Manfaat Wajan Bolic Wifi)
    Memberikan Cita Rasa – Daun oregano juga dapat digunakan sebagai penambah cita rasa menyengat atau pungency sebagaimana bawang putih maupun jahe karena oregano memiliki rasa yang kuat, sedikit pahit dan khas. (Baca juga: Manfaat Radio)
    Campuran Masakan Italia, Spanyol, dan Eropa lainnya – Dengan rasa yang sedikit pahit dan aroma khas tersebutlah yang menjadikan daun oregano banyak digunakan pada masakan Italia, hal ini karena masakan Italia identik dengan menambahkan campuran herbal atau mixed herbs ke dalam masakan. Begitu juga dengan di negara-negara Eropa lainnya. (Baca juga: Manfaat Lilin)
    Melawan Radikal Bebas – Kandungan daun oregano berupa thymol dan asam rosmanic yang banyak mampu mengurangi stress oksidatif di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ke dua zat tersebut mengandung sifat antioksidan kuat. Stress oksidatif itu sendiri merupakan kondisi berlebihnya radikal bebas di dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menetralisirnya. Akibat dari stress oksidatif adalah terjadinya kerusakan sel-sel DNA akibat produksi peroksida yang berlebihan. (Baca juga: Manfaat Mixer)
    Menguatkan Sistem Imun – Kandungan vitamin A dan Mangan dalam daun oregano dikenal mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi daun oregano dapat memulihkan energy dan mencegah kelelahan kronis. (Baca juga: Manfaat Lampu LED)
    Meredakan Nyeri Menstruasi – Mengkonsumsi daun orgeno sebelum masa haid dapat membantu mengurangi atau meredakan rasa nyeri ketika menstruasi atau haid. Sehingga cocok untuk dicoba bagi para wanita yang sering mengalami nyeri haid saat menstruasi. Dan tentu saja harus diimbangi dengan olahraga secara teratur. (Baca juga: Manfaat Panjat Tebing)
    Melancarkan Pencernaan – Daun oregano yang kaya akan serat baik dikonsumsi untuk melancarkan BAB dan pencernaan. Disisi lain, kandungan senyawa penting seperti varvacrol dan thymol sangat baik untuk pencernaan serta mampu mencegah sembelit. (Baca juga: Manfaat Oven)
    Meredakan Demam – Daun oregano yang telah diolah menjadi minyak dipercaya mampu meredakan demam. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mencampurkan minyak oregano dengan air secukupnya, kemudian diminum. Minyak oregano juga dipercaya memiliki sifat penyembuh alami. (Baca juga: Manfaat Hand Spinner)
    Membersihkan Racun dalam Hati – Adanya senyawa esensial seperti kalsium (Ca), mangan (Mg), vitamin K, zat besi (Zinc), serat, dan sejumlah senyawa organic lainnya berperan sebagai detoksi tubuh, dan juga bermanfaat dalam proses membantu pengeluaran racun dari hati. (Baca juga: Manfaat Ventilasi Udara)
    Menyehatkan Usus – Sifat anti bakteri yang terkandung dalam senyawa carvacrol dan thymol pada daun oregano sangat efektif dalam melawan bakteri pathogen yang menyerang usus, kulit dan lain sebagainya.



Komentar